Sejarah

Laboratorium Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (Lab. Inderaja dan SIG) merupakan laboratorium bagian dari dalam lingkup Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan (PSPK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya.

Laboratorium Inderaja dan SIG mulai didirikan pada tahun 2006 dengan nama sebelumnya adalah Laboratorium Pemetaan dan Perancangan Teknologi Kelautan (LPPTK). Pendirian LPPTK merupakan wadah bagi dosen dengan kelompok keahlian Eksplorasi sumberdaya perikanan dan kelautan dan teknologi kelautan.  Hal ini merupakan salah satu kompetensi dasar keilmuan Jurusan PSPK dan yang menjadi rujukan untuk pengembangan jurusan. Ada 3 kompetensi dasar pada lingkup Jurusan PSPK, yaitu Eksplorasi, Eksploitasi, dan Konservasi sumberdaya perikanan dan kelautan. LPPTK merupakan pusat pengembangan kompetensi bidang Eksplorasi sumberdaya perikanan dan kelautan serta teknologi kelautan.

Semakin berkembangnya kegiatan laboratorium dan penguatan kompetensi eksplorasi sumberdaya perikanan dan kelautan menjadikan adanya keinginan untuk lebih memfokuskan bidang kajian LPPTK. Sehingga Laboratorium Pemetaan dan Perancangan Teknologi Kelautan diubah namanya menjadi Laboratorium Penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (Lab. Inderaja dan SIG).

Print Friendly