Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP)

1. Visi Program Studi

Pada tahun 2020, PS-PSP menjadi program studi unggul, mencetak sumberdaya manusia yang dapat mengoptimalkan produktivitas sumberdaya perikanan tangkap dengan suatu rekayasa sistem teknologi penangkapan ikan berwawasan lingkungan, berkelanjutan dan kompetitif melewati batas nasional.

2.  Misi Program Studi

Misi Program Studi PSP ialah:

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang meliputi : pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan yang menguasai teknologi penangkapan ikan berkelanjutan, berwawasan ke depan, berdisiplin, mandiri tetapi peduli sosial dan bersikap kewirausahaan;
  2. Menyelenggarakan penelitian mandiri maupun kelompok untuk mengembangkan sistem teknologi pemanfaatan sumberdaya perikanan yang berkelanjutan (environmentally friendly, economically feasiable and socially accepted);
  3. Melakukan pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi pemanfaatan sumberdaya perikanan dan mengupayakan penggunaannya untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat, terutama nelayan

Ilmu Kelautan (IK)

1. Visi Program Studi

Visi PS IK adalah menjadikan Prodi Ilmu Kelautan unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui pendididkan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam bidang kelautan yang berwawasan lingkungan.

2.  Misi Program Studi

Misi PS IK yaitu :

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan mengaplikasikan secara efektif ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) kelautan guna menghasilkan sarjana/ ahli yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berjiwa enterpreneur, mempunyai wawasan dan kemampuan akademik serta teknis yang diperlukan untuk memecahkan permasalahan bidang kelautan berdasarkan kompetensi eksplorasi dan eksploitasi no ikan, oceanografi, serta konservasi sumberdaya pesisir dan kelautan.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk mengembangkan, menggali, menghasilkan, dan memperkaya IPTEKS bidang eksplorasi dan ekploitasi non ikani, oceanografi, serta konservasi sumberdaya pesisir dan kelautan yang berkelanjutan.
  3. Menyelenggarakan pelayanan dalam pendidikan/ pelatihan, penelitian, dan pengabdian serta pemberdayaan masyarakat (stakeholder) di bidang eksplorasi dan ekploitasi non ikani, oceanografi, serta konservasi sumberdaya pesisir dan kelautan yang berkelanjutan.
Print Friendly