Ditulis pada tanggal 10 Pebruari 2014, oleh admin, pada kategori Berita

Piala Rektor Cup PKM MABA akan diadakan kembali tahun ini. Setiap Fakultas akan mengirimkan delegasi nya sebanyak 14 kelompok yang akan bertandiing sesuai dengan bidang PKM nya. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) gencar melakukan persiapan, pelatihan atau pendampingan untuk MABA guna mempersiapkan kegiatan tersebut dengan target dapat menyabet gelar sebagai Juara Umum tahun 2014. Tahun lalu Fakultas Pertanian berhasil menjadi Juara Umum, FPIK hanya meraih Satu Emas di bidang PKM-M dan Satu Perak di Bidang PKM-K. Hal ini merupakan pecut semangat untuk bersaing secara fair dalam bidang penalaran.

Tahapan untuk menjadi delegasi Fakultas dilalui dengan seleksi antar mahasiswa di fakultas. Kegiatan ini diikuti oleh 42 kelompok (lolos administrasi) yang kemudian diseleksi menjadi 30 kelompok dan terakhir 14 kelompok sebagai delegasi Fakultas. 14 kelompok tersebut akan dibagi kedalam bidang PKM masing-masing PKMK, PKMM, PKMT, PKMP, PKMKC (2 kelompok) dan PKM-GT (4 kelompok).  Delegasi perwakilan FPIK akan diumumkan pada tanggal 12 Februari 2014 setelah melalui penilaian dan presentasi dari Dewan Juri FPIK (Ir. Sukandar,MP : Ir.Dewa Gede Raka Wiadnya, MSc. ; Zainal Abidin. S.Pi, MBA, Dr.Ir. Maftuch,MS ; Dr. Ir. Firdaus, dan Dr. Uun Yanuhar, SPi, MSi)

Kegiatan Rektor Cup PKM MABA tahun ini dalam proses seleksi, pendampingan dan pelatihannya lebih ketat. Proses seleksi dilalui dengan mengumpulkan berkas PKM kepada panitia yang kemudian dinilai untuk mengikuti tahapan selanjutnya dipresentasikan di depan Dewan Juri FPIK. Peserta yang lolos menjadi 14 kelompok delegasi akan lebih digiatkan lagi dalam pelatihan isi PKM dan cara pemaparan serta dinilai sesuai dengan format yang akan dilombakan di Universitas mendatang (1-2 Maret 2014).  Pendampingan dan pelatihan dilakukan di Laboratorium Penangkapan mulai dari 30 Januari 2014 hingga 28 Februari 2014 yang melibatkan mahasiswa, dosen pendamping dan Pembantu Dekan III FPIK.

Panitia pendampingan kegiatan Rektor Cup PKM MABA yang digawangi oleh Etika sebagai Ketua kegiatan dari Lembaga Fishery Scientific Research (FSR) dan Donny Ariyoga selaku juara PKM-M 2013 dan beberapa mentoring dari mahasiswa akan selalu memberikan dukungan, pendampingan, pelatihan dan terus mengawal hingga kegiatan berakhir. Harusnya tahun ini FPIK dapat menjadi juara umum melihat persiapan, pendampingan dan pelatihan didukung penuh oleh semua pihak.

©Agustin Capriati

Print Friendly