Ditulis pada tanggal 14 November 2013, oleh admin, pada kategori Pengumuman

6213_Dolphin_Sunset_Jigsaw_Puzzle_lg

Laut merupakan bagian penting dari hidup semua makhluk hidup di bumi ini. Laut menjadi tempat dan sumber makanan dan juga tempat hidup banyak makhluk. Selain itu, laut juga menjadi penyeimbang suhu di permukaan bumi. Bila tidak ada laut, maka panas yang terpancar dari matahari akan langsung diserap oleh bumi yang akan mempengaruhi kualitas tanah. Selain itu, laut berfungsi penting dalam ketersediaan air di bumi. Laut menjadi tempat pertama dimana terjadi siklus perputaran air.

Dari lautlah air menguap dan membentuk awan yang akan menurunkan hujan didaratan dimana airnya bisa kita manfaatkan untuk berbagai keperluan. Akan tetapi, laut juga sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Salah satunya adalah terumbu karang. Mungkin banyak dari kita berpikir bahwa terumbu karang hanyalah batu yang tidak ada artinya. Akan tetapi, hal tersebut salah besar. Terumbu karang yang tumbuh dilaut mempunyai banyak fungsi.

Pencegah Erosi.

Terumbu karang yang tumbuh disekitar pantai dan laut berfungsi untuk mencegah erosi yang disebabkan oleh ombak. Bila tidak ada terumbu karang, bukan tidak mungkin bila saat ini kita tidak akan menemukan daratan yang bisa ditinggali di daerah dekat laut. Selain itu, erosi batu dan daratan yang berlebihan juga akan mempengaruhi zat-zat yang terkandung dalam air laut, yang akan berdampak langsung pada kehidupan makhluk laut. Dan hal yang paling penting yang perlu kita ketahui, erosi ini juga akan mengancam kehidupan manusia.

Terumbu karang yang tumbuh disekitar pantai akan berfungsi seperti tembok. Sehingga ombak yang datang ke daratan akan terpecah begitu mengenai tembok terumbu karang ini. Dengan pecahnya ombak, maka energi yang dibawanya juga terpecah. Sehingga, energi yang dibawa ke daratan akan menjadi sangat kecil yang juga akan hanya berdampak sangat kecil pada proses erosi daratan oleh ombak.

Mencegah Global Warming.

Bagaimanan bisa terumbu karang menjadi salah satu faktor pencegah global warming? Terumbu karang selain sebagai makhluk hidup juga menjadi tempat tumbuhnya banyak tumbuhan laut, salah satunya adalah rumput laut. Dan ternyata, rumput laut mempunyai peran penting dalam peristiwa global warming.

Rumput laut bila dibandingkan dengan pohon yang ada di hutan ternyata mempunyai kemampuan lebih baik dalam menyimpan gas karbon. Gas karbon itu sendiri adalah gas yang menjadi penyebab terjadinya efek rumah kaca.

Dan efek rumah kaca ini yang menyebabkan kenaikan suhu secara global atau yang biasa disebut sebagai global warming. Rumput laut mampu menyimpan gas karbon 8 kali lebih banyak dari pohon-pohon yang berada di hutan. Rumput laut akan menyimpan gas karbon ini di batang dan tempat mereka tumbuh.

Jadi, bisa kita bayangkan bila terumbu karang yang juga menjadi tempat tumbuh rumput laut hilang. Akan ada sangat banyak sekali jumlah gas karbon yang terlepas ke udara yang akan membuat dampak negatif global warming menjadi semakin buruk.

Selain itu, terumbu karang juga menjadi tempat penghasil oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup dilaut dan plankton untuk berkembang biak. Oleh karena itu, sudah kewajiban kita untuk ikut serta dalam melestarikan terumbu karang ini.

Bukan hanya untuk anak cucu kita, akan tetapi, hal ini perlu dilakukan agar bumi kita tidak menderita lebih parah lagi karena global warming. Bila semua orang mau melakukan hal ini, maka kebaikan dan keuntungan yang didapat juga akan kembali kepada kita.

Print Friendly